RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
...............................
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit (1 X pertemuan)
I. Standar Kompetensi :
1. Menunjuk sistem operasi dan mendemontrasikan
perangkat lunak untuk menjelajah media penyimpanan dengan jaringan komputer
serta multimedia
II. Kompetensi Dasar
:
1.1 Mengenal system operasi
III.
Tujuan Pembelajaran** : Siswa mampu memahami
system operasi yang sering digunakan dan memahami pengoperasiaanya
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) : Pengenalan
system operasi Windows
V.
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan
praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menyimak materi
F
Siswa
mencatat hal – hal pokok yang dijelaskan
F
Siswa
mendemontasikan langkah demi langkah cara merubah tanggal, tampilan layar,
animasi teks pada system operasi windows
F
Siswa
menjalankan sofware multimedia
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Akhir :
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
memberikan
tugas tertulis di rumah
F
membereskan
kursi
F
berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
"Microsoft Windows XP " Elex Media
Kompitindo", Website ilmukomputer.com (Pengenalan System Operasi)
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Sejarah singkat system operasi
:
Menyebutkan macam – macam system operasi
:
Menyebutkan versi – versi system operasi windows
:
Langkah langkah merubah tanggal/waktu
:
Langkah – langkah merubah tampilan layar
:
Langkah langkah merubah tampilan layar dan animasi teks
ketika komputer tidak dijalankan
:
Menjalankan perangkat lunak multimedia untuk
mendengarkan musik
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
:
Jelaskan
pengertian system operasi
:
Sebutkan
macam – macam system operasi
:
Nama
perusahaan yang membuat windows adalah
:
Yang
memimpin perusahaan yang membuat windows adalah
:
Sebutkan
versi windows
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
...............................
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit (1 X pertemuan)
I. Standar Kompetensi :
1. Menunjuk sistem operasi dan mendemontrasikan
perangkat lunak untuk menjelajah media penyimpanan dengan jaringan komputer
serta multimedia
II. Kompetensi Dasar
:
1.2 Mengenal perangkat lunak untuk menjelajah komputer pada sitem
operasi windows
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami peranggkat lunak untuk menjelajah komputer dan jaringan
serta memahami pengoperasiannya
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) :
Pengenalan system operasi Windows
V.
Metode Pembelajaran : Tanya jawab,
demontrasi dan praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan Awal
F
Berdo’a
sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
F
Membahas
tugas yang diberikan
F Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai system operasi
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menyimak materi yang disampaikan
F
Siswa
mendemontrasikan langkah demi langkah cara memperbanyak, mengapus file pada media penyimpanan komputer melalui
Windows Explorer.
F
Siswa membuat
Folder sendiri pada jaringan melalui Network
Place pada komputer data
center guru
F
Menjalankan program Multimedia
melalui PowerDVD.
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
Mengevaluasi
system operasi dengan menjawab soal yang diberikan oleh guru menggunakan
perangkat lunak bank soal interaktif.
F
Mematikan
komputer dengan tepat dan merapihkan peralatan komputer
F
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
"Microsoft Windows XP " Elex
Media Kompitindo", Website
ilmukomputer.com (Pengenalan
System Operasi)
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Macam
macam media penyimpanan
:
Langkah
– langkah memperbanyak, mengapus sebagian file pada media penyimpanan
komputer melalui Windows Explorer
:
Membuat
Folder sendiri pada jaringan melalui
Network Place
:
Menjalankan
program Multimedia melalui PowerDVD
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
:
Jelaskan
Macam macam media penyimpanan
:
Jelaskan
Langkah – langkah memperbanyak, mengapus sebagian file pada media penyimpanan
komputer melalui Windows Explorer
:
Jelaskan
cara Membuat Folder sendiri pada
jaringan melalui Network Place
:
Jelaskan
cara Menjalankan program Multimedia melalui PowerDVD
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
...............................
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit (1 X pertemuan)
I. Standar Kompetensi :
2. Menunjuk perangkat lunak pengolah kata,
mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah
kata
II. Kompetensi Dasar :
2.1
Mengenal Software pengolah kata dan menggunakan fitur umum menu standar
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami peranggkat lunak untuk mengolah kata dan memahami
pengoperasian menu umun standar
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) :
Perangkat lunak dan program aplikasi
pengolah kata
V.
Metode Pembelajaran :
Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menyimak sejarah singkat pengolah kata.
F
Siswa
menunjukan bagian bagian layar pengolah kata, menu dan sub menu file, icon standar dan menyimak penjelasan
fungsinya.
F
Siswa
mengetik naskah dengan tema "Liburan sekolah" dan mendemontrasikan
merekam naskah ke komputer Data Center Guru melalui
jaringan
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
Siswa mengerjakan tugas mengetik
Naskah dengan tema "LENTERA HATI
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
Mengevaluasi
perangkat lunak pengolah kata dengan menjawab soal yang diberikan oleh guru.
F
Mematikan
komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
F
berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
"Microsoft Word For Beginner
" penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Menjelaskan
Sejarah singkat Perangkat lunak pengolah kata
:
Mengidentifikasi
perangkat lunak pengolah kata
:
Langkah
– langkah menjalankan perangkat lunak pengolah kata
:
Menunjukan
bagian bagian layar pengolah kata
:
Menunjuk
menu file dan submenu file New, close,
save, save as, open, exit dan memahi fungsinya
:
Menunjuk
Icon standar New , open, save dan memahami fungsinya
:
Mengetik
naskah sederhana dengan tema Liburan sekolah
:
Merekam
naskah yang telah dibuat ke media penyimpanan melalui jaringan komp.
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
:
Jelaskanlah
Sejarah singkat Perangkat lunak pengolah kata
:
Jelaskanlah
perangkat lunak pengolah kata
:
Jelaskanlah
Langkah – langkah menjalankan perangkat lunak pengolah kata
:
Jelaskanlah
bagian bagian layar pengolah kata
:
Jelaskanlah
menu file dan submenu file New, close,
save, save as, open, exit dan memahi fungsinya
:
Jelaskanlah
Icon standar New , open, save dan memahami fungsinya
:
Jelaskanlah
naskah sederhana dengan tema Liburan sekolah
:
Jelaskanlah
naskah yang telah dibuat ke media penyimpanan melalui jaringan komp.
:
Menunjuk
tampilan layer pengolah kata dan menyebutkan namanya
:
Menunjuk
dan menjelaskan fungsi dari icon new, open, save
:
Jelaskan
langkah – langkah merekam
:
Jelaskan
langkah – langkah membuka dokumen yang telah direkam
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit (1 X pertemuan)
I.
Standar Kompetensi :
2. Menunjuk perangkat lunak pengolah kata,
mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah
kata
II.
Kompetensi Dasar :
2.2 Mengedit dokumen
menggunakan perangkat lunak pengolah kata
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa
memahami fungsi tombol dan menu untuk mengedit documen
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) :
Fasilitas program
pengolah kata dalam mengedit dokumen
V.
Metode Pembelajaran :
Tanya jawab, demontrasi dan
praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
mengidentifikasi tombol – tombol yang digunakan untuk menggerakkan kursor
F
Siswa
mengelompokkan persamaan dari menu edit, icon standar dan mencatatnya dalam
bentuk table
F
Siswa
mengetik naskah dengan tema "AKU DIA DAN KAMU" mendemontrasikan fasilitas menghapus, menggandakan, memindahkan teks, membatalkan
dan mengembalikan perintah yang terakhir dilakukan
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
Tugas
mengetik
F
Mematikan
komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
F
berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
"Microsoft Word For
Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Mengidentifikasikan
tombol tombol yang digunakan untuk menggerakkan kursor
:
Mengelompokkan
persamaan dari menu edit, icon standar dan tombol yang digunakan untuk
menghapus, menggandakan dan memindahkan teks
:
Mengelompokkan
persamaan dari menu edit, icon standar dan tombol yang digunakan untuk
membatalkan dan mengembalikan perintah yang terakhir dilakukan
:
Menggetik naskah dengan tema "AKU DIA
DAN KAMU"
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
:
Jelaskanlah
cara tombol tombol yang digunakan untuk menggerakkan kursor
:
Kelompokkan
persamaan dari menu edit, icon standar dan tombol yang digunakan untuk
menghapus, menggandakan dan memindahkan teks
:
Kelompokkan
persamaan dari menu edit, icon standar dan tombol yang digunakan untuk
membatalkan dan mengembalikan perintah yang terakhir dilakukan
:
Jelaskanlah pengertian naskah dengan tema
"AKU DIA DAN KAMU"
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit (1 X pertemuan)
I.
Standar Kompetensi :
2. Menunjuk perangkat lunak pengolah kata,
mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah
kata
II.
Kompetensi Dasar :
Memodifikasi dokumen
menggunakan perangkat lunak pengolah kata
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami fasilitas
toolsbar formating untuk memodifikasi dokumen
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) :
Fasilitas Toolsbar Formating
dalam memodifikasi dokumen
V.
Metode Pembelajaran :
Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menunjukan Icon – icon toolsbar formating dan menyimak penjelasan fungsinya
F
Siswa
Mengindentifikasi persamaan tombol dan icon untuk mempertebal, menggaris bawahi
dan memiringkan huruf
F
Siswa membuka
dokumen "Aku, dia dan kamu" yang telah direkam dan mendemontrasikan
penggununaan icon toolsbar formating dan tombol keyboard yang digunakan untuk
mempercepat proses modofikasi document
F
Siswa
mengetik tugas dengan tema "THE HOLY QUR'AN"
dan memodifikasinya
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
Mematikan
komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
F
berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
"Microsoft Word For Beginner "
penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Menunjuk
icon untuk Mempertebal, menggaris
bawahi huruf memiringkan huruf, merubah jenis huruf, merubah ukuran huruf dan
merubah warna huruf
:
Mengindentifikasi
persamaan tombol dan icon untuk mempertebal, menggarisbawahi dan memiringkan
huruf
:
Menujuk
icon untuk menetengahkan teks, rata kiri, rata kanan dan perataan kiri kanan.
:
Mendemontrasikan
icon toolbar formating dalam memodifikasi dokumen
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
:
Tunjukkanlah icon untuk
Mempertebal, menggaris bawahi huruf memiringkan huruf, merubah jenis
huruf, merubah ukuran huruf dan merubah warna huruf
:
Jelaskanlah
persamaan tombol dan icon untuk mempertebal, menggarisbawahi dan memiringkan
huruf ?
:
Tunjukkanlah icon untuk menetengahkan teks, rata kiri,
rata kanan dan perataan kiri kanan. ?
:
Jelaskanlah
icon toolbar formating dalam memodifikasi dokumen
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit (1 X pertemuan)
I. Standar Kompetensi :
3. Mengoperasikan fasilitas yang
disediakan dalam Internet
II. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi surat elektronik dalam
internet
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami fasilitas
surat elektronik dalam Internet dan kegunaannya
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Surat elektronik
dalam Internet
V.
Metode Pembelajaran :
Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
§ Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menyimak materi, mencatat langkah langkah pokok yang dijelaskan
F
Siswa
mendemontrasikan langkah langkah membuat surat
elektronik pada yahoo
F
Siswa mecatat
alamat e-mailnya pada daftar email yang
telah disediakan
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
Mematikan
komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
F
berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : "Internet
" Elex Media Kompitindo
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Mengidentifikasi
keguanaan dan kelebihan surat eletronik
:
Menyebutkan
situs situs di internet yang menyediakan layanan surat elektronik
:
Langkah
langkah membuat surat elektronik pada
situs yahoo
:
Mendemmntrasikan
langkah lanekah mebuat surat elektronik pada situs yahoo
|
Lisan / Tulis
|
Isian Uraian singkat
|
:
Jelaskanlah
keguanaan dan kelebihan surat eletronik
:
Sebutkan
situs situs di internet yang menyediakan layanan surat elektronik
:
Jelaskanlah
Langkah langkah membuat surat
elektronik pada situs yahoo
:
Jelaskanlah
langkah lanekah mebuat surat elektronik pada situs yahoo
|
FORMAT KRATEPIA PENILAIAN
& Produk ( (asil diskusi )
Fo.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
[1]1.
|
Kolsep
|
*
semua benar
*
seb`eian besar benar
*
sdb`gian kecih benap
* semua salah4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kritdria
|
Skor
|
1.
2.
3,
|
Pejgetahuan
Praktek
Sikap
|
* Penbetahuan
* kadang%kadang Pengetahuan
* tidak Peneetahuan
* aktif Praktej
* kadang-kadanf aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadalg Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2 1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
Nm
|
NamA Siswa
|
PerforlanProduk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
PrakTek
|
SikaP
|
||||
1.
2.
3.
4.
5. |
CATATAN :
Nilai = ( Juelah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yane thdak memenuhi syarat
penilaian KKM maka daadakan Remedial.
............,
.....................20 ...
Mengetahui
Kepala Sejolah Guru
Mapel TIK.
................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCALA PELAKSANAAN
PEMBELABARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
.........................,.,....
Mata Pelajaran : Teknologi
Iffkrmasi dan Komunhkasi
Kelas/ Seiester : 5 (lima(
/ 1 (satu)
Alokasi Wajtu : 2 X 35
ienit (1 X pertemuan)
I.
Standar Kompetensi :
- Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengkl`h dokumdf secara kreatif dan mendemofdrasikan pdrangkAt lunak pengolah kata
II.
ompetensi Dasar :
ompetensi Dasar :
0.1
Iemodifikasi dokumen menggujakan bingkai, tanda symbol dan penoleran
paragraf
III.
Tujuan Pembelajaran** :
SIswa memahami fasilitas ujtuk memberi
bingkai dan penomoran pada p`ragraf
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipdine
(
Tekun ( diligejce )
Tangfunc jawab ( respolsibilit9 )
Ketelitian ( carebulness)
IV.
Matari Ajap (Materi Pokok) :
Menggunakan
fasilitas bingkai dan penomeran dalam memodifikasi dokumen
V.
Metode Pembelajaran :
Tanya
jawab, demontrasi dan praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
§ Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menunjuk menu untuk memberi bingkai, icon untuk memberi penomeran atau memberi
butir karakter menyimak penjelasnnya fungsinya
F
Siswa
mengetik naskah dengan tema "KETIKA MATAHARI MENYAPA KALBU" dan
mendemontrasikan penggunaan binggai, penomeran paragraf dan pemberian butir paragraf pada naskah yang telah diketik
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
Mematikan
komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
F
berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
"Microsoft
Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Menunjuk
menu untuk memberi bingkai pada naskah pengaturan jarak antar baris
:
Mengidentifikasikan
kotak dialog untuk memberi bingkai dan untuk mengatur jarak spasi
:
Menunjuk
icon untuk memberi karakter butir(bullet) dan icon untuk memberi penomean
pada paragraf
:
Mengidentifikasikan
kotak dialog untuk memberi karakter butir(bullet) atau penomeran
:
Mengetik
naskah dengan Tema "KETIKA MATAHARI MENYAPA KALBU"
:
Mendemontrasikan pengguaan bingkai dan penomeran
paragraf
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
:
Tunjukkanlah
menu untuk memberi bingkai pada naskah pengaturan jarak antar baris
:
Jelaskanlah
kotak dialog untuk memberi bingkai dan untuk mengatur jarak spasi
:
Tunjukkanlah
icon untuk memberi karakter butir(bullet) dan icon untuk memberi penomean
pada paragraf
:
Jelaskanlah
kotak dialog untuk memberi karakter butir(bullet) atau penomeran
:
Jelaskanlah
Pengertian naskah dengan Tema "KETIKA MATAHARI MENYAPA KALBU"
:
Jelaskanlah
pengguaan
bingkai dan penomeran paragraf
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
.............................
Mata Pelajaran : Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1
(satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35
menit (1 X pertemuan)
I.
Standar Kompetensi :
4. Menunjuk perangkat lunak
pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat
lunak pengolah kata
II. Kompetensi Dasar :
4.2 Memodifikasi dokumen
dengan Memberi dropcap dan teks berkolom pada perangkat lunak pengolah kata
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami fasilitas untuk membuat teks berkolom dalam memodifikasi dokumen
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) :
Menggunakan fasilitas teks berkolom dalam momodifikasi dokumen
V.
Metode Pembelajaran :
Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
§ Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menunjuk menu untuk merubah huruf pertama menjadi besar dan menyimak penjelasan
fungsinya
F
Siswa
mengetik naskah dengan tema "MENGGAPAI CITA" dan memodifikasi naskah
tersebut menjadi dua kolom dengan menggunakan Drop Cap.
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta `adik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gafasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran jooperAtif `an kolaboratif;
F
melfasilitasi
peserta dadik bdriompetisi secara se`at untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta did)k iembuat laporan ekspdorasi yanf dilakukan baik lisan maqptl
tertulhs, secapa individtal mauptn kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didi+ untuk menyajikan hasil kerja individual maupun celompok;
F
memfasilitari
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produi yanc
dihasalkal;
F
memfasilitasi
peserta didik melaktkan kegiapan yang
menqmbuhkan kebanggaan dan rasa percaya dhri pdserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirm`si, guru:
F
Guru bertanya
jawab teftang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Jegiat`n Akhir
Da,am
kegi`tan Akhir, guru:
F
Mematakan
komputer dengan tepat dan merapihkan jembali peralatan komputer
F
berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
"Microsoft Word For Baginner " penerbit Pusat Komputer Assadaal
"Microsoft Word For Baginner " penerbit Pusat Komputer Assadaal
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Menqnjuk
meju untuk me2ubah huruf pertama pertama menjadi besap dalam paragraf
:
Mengidentificasi
kotaj dialog DropCap
:
Lenunjuk
menu untuk membuat kolom
:
lanfkah-langjah
memilih mkdel kolom, jumlah knlom, lebar kolom dan jarak antar kolom
:
Mendemonstrasikan
lanfkah-langkah memilih mmdel kolom, jumlah kolom, lebar iolom dan jarak
antar kolo
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
:
Jelaskanlah
cara untuk merubah huruf pertama menjadi besap dalam paragraf
:
Jelaskanlah
kotaj dialog DropCap
:
Jelaskanlah
cara menu untuk membuat kolom
:
Jelaskanlah
cara lanfkah-langjah memilih mkdel kolom, jumlah knlom, lebar kolom dan jarak
antar kolom
:
Jelaskanlah
cara lanfkah-langkah memilih mmdel kolom, jumlah kolom, lebar iolom dan jarak
antar kolo
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
.............................
Mata Pelajaran : Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1
(satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35
menit (1 X pertemuan)
I.
Standar Kompetensi :
4. Menunjuk perangkat lunak
pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat
lunak pengolah kata
II.
Kompetensi Dasar :
4.3 Memodifikasi halaman Naskah dengan memberikan
penomeran pada halaman
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami fasilitas untuk memberi penomeran pada halaman
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) :
Menggunakan fasilitas untuk memberi penomeran halaman
V.
Metode Pembelajaran :
Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
§ Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menunjuk dan menyimak menu untuk memberi penomeran pada halaman
F
Siswa
menunjuk toolsbar serta icon untuk memberi penomeran, jenis penomeran dan
memulai penomeran serta menyimak penjelasannya
F
Siswa membuka
naskah yang telah diketik dan mendemontrasikan dalam memberi penomeran pada
halaman
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
Mematikan
komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
F
berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
"Microsoft Word For Beginner
" penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Menunjukan
menu untuk memberi judul dan penomeran pada halaman
:
Mengidentifikasi
icon untuk memberi penomeran, memilih
jenis penomeran dan memulai penomeran yang telah ditentukan,
nemindahkan ke atas dan ke bawah halaman
:
Mendemontrasikan
langkah langkah memberikan penomeran pada halaman
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
:
Tunjukanlah
menu untuk memberi judul dan penomeran pada halaman
:
Jelaskanlah
icon untuk memberi penomeran, memilih
jenis penomeran dan memulai penomeran yang telah ditentukan, nemindahkan
ke atas dan ke bawah halaman
:
Jelaskanlah
langkah langkah memberikan penomeran pada halaman
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
.............................
Mata Pelajaran : Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1
(satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35
menit (1 X pertemuan)
I.
Standar Kompetensi :
4. Menunjuk perangkat lunak
pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat
lunak pengolah kata
II.
Kompetensi Dasar :
4.4 Memodifikasi halaman Naskah menggunakan
perangkat lunak pengolah kata
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami fasilitas untuk membuat teks berkolom dalam memodifikasi dokumen
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) :
Menggunakan fasilitas teks berkolom dalam momodifikasi dokumen
V.
Metode Pembelajaran :
Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
§ Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menyimak penjelasa tentang macam macam jenis kertas
F
Siswa
menunjuk menu untuk mengatur halaman, dan menyimak penjelasannya
F
Siswa membuka
naskah yang telah diketik dan dimodifikasi lalu mencetaknya ke kertas
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
F
berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
"Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Menunjukan menu untuk mengatur pencetakan
:
Mengidentifikasi kotak dialog mengatur halaman batas
margin dan jenis kertas yang digunakan
:
Menunjukan contoh jenis kertas yang digunakan
:
Menunjukan posisi pencetakan
:
Mendemontrasikan langkah pencetakan dan mencetaknya ke
kertas yang telah ditentukan
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
:
Tunjukan menu untuk mengatur pencetakan
:
Mengidentifikasi kotak dialog mengatur halaman batas margin
dan jenis kertas yang digunakan
:
Tunjukan contoh jenis kertas yang digunakan
:
Tunjukan posisi pencetakan
:
Jeleskanlah langkah pencetakan dan mencetaknya ke
kertas yang telah ditentukan
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
.............................
Mata Pelajaran : Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1
(satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
I.
Standar Kompetensi :
5. Mengoperasikan fasilitas yang disediakan
dalam Internet
II. Kompetensi Dasar :
5.1 Mengidentifikasi surat elektronik dalam internet
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami fasilitas untuk membuat teks berkolom dalam memodifikasi dokumen
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) :
Memanfaatkan fasilitas Internet untuk memeriksa dan mengirim Surat elektronik
V.
Metode Pembelajaran :
Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
§ Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen
siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
mendemontrasikan langkah langkah membuka surat
elektronik yang telah dibuat,
F
Siswa
mengirim surat
elektronik kepada guru bertemakan "Teknologi Kmputer"
F
Siswa menutup surat elektroniknya dengan tepat
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
F
berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
"Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
:
Langkah
langkah membuka surat elektronik yang telah dibuat
:
Mengidentifikasi
menu yang ada pada surat elektronik
:
Langkah
– langkah menutup surat elektronik yang tepat.
:
Mendemontrasikan
fasilitas untuk memeriksa dan mengirim surat elektronik
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
:
Jelaskanlah
Langkah langkah membuka surat elektronik yang telah dibuat
:
Jelaskanlah
menu yang ada pada surat elektronik
:
Jelaskanlah
Langkah – langkah menutup surat elektronik yang tepat.
:
Jelaskanlah
fasilitas untuk memeriksa dan mengirim surat elektronik
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar